Mutlak (المطلق) secara bahasa adalah : (ضد المقيد) lawan dari Muqoyyad.
Dan secara istilah :ما دل على الحقيقة بلا قيد
“Apa-apa yang menunjukkan atas hakikat tanpa ikatan”
فتحرير رقبة من قبل أن يتماسا
“Maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur” (QS al-Mujadilah : 3)
Maka keluar dari perkataan kami : (بلا قيد) “tanpa ikatan” : Muqoyyad (المقيد).
DEFINISI MUQOYYAD (المقيد) :
Muqoyyad (المقيد) secara bahasa adalah : (ما جعل فيه قيد من بعير ونحوه) Apa yang dijadikan padanya suatu ikatan dari unta dan yang semisalnya.Dan secara istilah :
ما دل على الحقيقة بقيد
“Apa-apa yang menunjukkan hakikat dengan ikatan”
فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ
“(hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman” (QS an-Nisa’ : 92).
BERAMAL DENGAN NASH YANG MUTLAK :
Wajib beramal dengan nash yang mutlak berdasarkan kemutlakannya kecuali jika ada dalil yang men-taqyid-nya (mengikatnya), karena beramal dengan nash-nash dari Al-Kitab dan As-Sunnah adalah wajib berdasarkan atas apa-apa yang menjadi konsekuensi penunjukkan-penunjukannya sampai ada dalil yang menyelisihi hal itu.
Jika terdapat nash yang mutlak dan nash yang muqoyyad, wajib mengikat nash yang mutlak tersebut dengan nash yang muqoyyad jika hukumnya satu (dalam satu permasalahan, pent), dan jika tidak, maka setiap nash diamalkan berdasarkan apa-apa yang ada padanya, dari mutlak atau muqoyyad.فتحرير رقبة من قبل أن يتماسا
“maka (wajib atasnya) memerdekakan seorang budak sebelum kedua suami isteri itu bercampur” (QS al-Mujadalah : 3)
فَتَحْرِيرُ رَقَبَةٍ مُؤْمِنَةٍ
“(hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman” (QS. an-Nisa’ : 92)
وَالسَّارِقُ وَالسَّارِقَةُ فَاقْطَعُوا أَيْدِيَهُمَا
“Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya” (QS. al-Ma’idah : 38).
“Maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku” (QS. al-Ma’idah : 6)
Maka hukumnya berbeda, yang pertama memotong dan yang kedua membasuh, maka ayat yang pertama tidak bisa diikat dengan ayat yang kedua, bahkan tetap pada kemutlakannya, sehingga pemotongan adalah sampai pergelangan tangan dan membasuh sampai siku.
***
0 komentar:
Posting Komentar