MUHITHUL ULUM

"Jadilah Kamu Orang yang Mengajarkan Ilmu atau Pencari Ilmu atau Pendengar dan Jangan Menjadi Orang yang ke Empat"

TRY OUT V

MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOKROMO 2009/2010

Kelas : XII Agama Mapel : Fiqih

Pengampu : Syaefulani, M.Pd Waktu : 90 menit

I. Pilihlah jawaban yang tepat pada salah satu huruf a, b, c, d, dan e pada lembar jawaban


1. Berikut ini adalah qishas anggota badan yang telah tercantum dalam al-Qur'an kecuali:

a. Mata dibalas dengan mata

b. Jiwa dibalas dengan jiwa

c. Telinga dibalas dengan telinga

d. Gigi dibalas dengan gigi

e. Kulit dibalas dengan kulit

2. Ketentuan terhadap pemotongan, menghilangkan fungsi atau membuat cacat anggota badan yang belum ada ketentuan hukumnya, maka ketentuannya diserahkan sepenuhnya kepada :

a. Kebijaksanaan hakim

b. Wali korban

c. Kebijaksanaan ulama

d. Keluarga korban

e. Hasil musyawarah

3. Berikut ketentuan Diyat pembunuhan tersalah ..

a. diangsur lima kali

b. lima unta betina

c. diangsur lima tahun

d. 500 unta

e. dibagi lima macam onta

4. salah satu hikmah diyat adalah :

a. Mencegah terjadinya bencana

b. Bukti penyerahan diri kepada Allah SWT

c. Sebagai obat hati dari rasa dendam

d. Dapat mengendalikan diri dari nafsu membunuh

e. Kebaikan akan kembali kepada manusia

5. Sejenis denda yang wajib dibayar oleh seseorang yang telah mengerjakan perbuatan tertentu yang dilarang Allah SWT disebut:

a. Diyat

b. Jinayat

c. Kifarat

d. takziah

e. Qishas

6. Had zina dapat dijatuhkan terhadap pelakunya, jika telah memenuhi syarat-syarat berikut, kecuali :

a. Perbuatan zina dilakukan atas kemauan sendiri

b. Pengakuan pelaku

c. Kehamilan perempuan tanpa suami (Ikhtilaf)

d. Pelakunya baligh dan berakal

e. Tertangkap basah sedang berduaan di kamar

7. Apabila tertuduh berzina itu muhsan dan belum kawin, maka had qadzaf bagi penuduh adalah ....

a. Tidak dijatuhkan qadzaf

b. Apabila merdeka, didera 100x

c. Diasingkan selama 2 tahun

d. Apabila budak, didera 40 x

e. Apabila budak, didera 120 x

8. Khomr dalam Alqur'an disebut sebagai sesuatu yang "rijsun" artinya :

a. Haram

b. berbahaya

c. keji dan kotor

d. jelek

e. makruh

9. Apabila terdakwa pelaku pencurian menolak tuduhan tanpa disertai sumpah dan penuduh berani bersumpah, maka .....

a. Tuduhan penuduh diterima dan secara hukum tertuduh terbukti melakukan pencurian

b. Tuduhan diterima dengan syarat terdakwa di beri kesempatan bersumpah

c. Tuduhan tidak diterima, karena hak sumpah hanya bagi terdakwa

d. Terdakwa dinyatakan bersalah

e. Tertuduh tetap harus dihukum

10. Apabila pencuri dimaafkan oleh pemilik barang setelah keputusan pengadilan maka had mencuri,..,,

a. Tidak berlaku

b. Gugur dan barang dikembalikan

c. Tetap berlaku

d. Menjadi lebih ringan

e. Bebas.

11. Arti bahasa dari bughat adalah....

a. orang yang melampau batas

b. berpaling dari kebenaran

c. kemaksiatan

d. kedholiman

e. semua jawaban benar

12. Yang dimaksud fasak adalah .....

a. Batalnya ikatan pernikahan antara suami dan istri akibat sebab-sebab tertentu

b. Batalnya pernikahan yang disebabkan oleh salah satu pihak tidak memenuhijanji

c. Batalnya pernikahan karena ditebus oleh pihak istri

d. Batalnya pernikahan karena sebab salah satu pihak tidak menghendakinya

e. Batalnya pernikahan karena suami tidak mampu memberi nafkah

13. Diantara hikmah rujuk adalah .....

a. Melanggengkan hubungan suami istri

b. Rujuk akan mewujudkan Islah

c. Menjamin hak-hak suami istri

d. Menjunjung harkat dan martabat wanita

e. Memperbanyak keturunan

14. Larangan untuk menikahi perempuan yang masih mempunyai hubungan darah, terdapat pada firman Allah dalam Al-Qur'an..

a. Surah An-Nisa ayat 23

b. Surah An-Nisa ayat 21

c. An-Nisa ayat 25

d. AI-Baqarah ayat 27

e. AI-Baqarah ayat 23

15. Yang dimaksud dengan wall mujbir adalah ..

a. Wali hakim

b. Wali yang diminta oleh perempuan menjadi walinya

c. Wali yang ditunjuk oleh orang tua perempuan

d. Wali yang ditetapkan oleh petugas KUA

e. Wali yang berhak menikahkan perempuan tanpa terlebih dahulu meminta izinnya

16. Laki-laki yang menikahi perempuan yang telah di talak tiga ada suaminya dengan maksud agar suami tersebut dapat kembali lagi kepada istrinya disebut....

a. Muhalil

b. Muholil

c. Mukhalil

d. Malihalil

e. Mahalil

17. Terjadinya kedholiman, kekacauan dan putusnya silaturrohim, dalam kehidupan keluarga dan masyarakat, di antaranya, berkaitan dengan pembagian harta pusaka yang tidak adil dan kebodohan.oleh karena itu mempelajari ilmu mawaris dalam syariat Islam hukumnya adalah;

a. Fardlu 'ain,

b. Fardlu kifayah.

c. Fardlu kafa'ah,

d. Sunat mu'akad,

e. Mubah mu'akad

18. Tidak semua orang dapat waris-mewarisi terhadap yang lain, akan tetapi karena adanya sebab tertentu yang sesuai syariat Islam, Orang yang memiliki hak mewarisi di antaranya adalah karena adanya hubungan darah atau keturunan yang disebut;

a. Nasab Haqiqi,

b. Wasiat

c. Silaturrahim

d. Nasab Hukmi,

e. Persemendaan,

19. Bapak-lbu, kakek-nenek dan seterusnya sampai ketas, mereka berhak mendapatkan bagian harta warisan, dalam ilmu faraidh mereka disebut;

a. Ushul al-mayyit,

b. Furu' al-mayyit

c. al-Hawasyis

d. FurudI al-muqoddaroh

e. Mahjub nuqshan

20. Menurut ilmu faraidh, ahli waris berikut ini yang berhak mendapatkan bagian 1/8 (seperdelapan)dari harta pusaka adalah:

a. Anak perempuan tunggal dan suami, jika istri tidak punya anak

b. Suami jika istri mempunyai anak, dan istri jika suami tidak punya anak

c. Istri yang ditinggal mati suami, apabila suami memiliki anak

d. Dua anak perempuan dan atau dua saudara perempuan

e. Ibu jika tidak ada anak atau cucu dan saudara seibu.

21. Menurut ilmu faraidh, ahli waris berikut ini yang berhak mendapatkan bagian 1/6 (seper enam) dari harta pusaka adalah:

a. Bapak jika yang meninggal punya anak atau cucu dari anak laki-laki

b. Suami jika istri mempunyai anak, dan istri jika suami tidak punya anak

c. Istri yang ditinggal mati suami, apabila suami memiliki anak

d. Dua anak perempuan dan atau dua saudara perempuan

e. Ibu jika tidak ada anak atau cucu dan saudara seibu.

22. Ibu Aminudin meninggal dunia, ia meninggalkan ahli waris, suami, ayah, Ibu, anak laki-laki, cucu laki-laki, saudara laki-laki sekandung, dan paman. dalam keadaan ini, maka ahli waris yang mendapat bagian adalah;

a. Istri, ayah, anak laki-laki dan perempuan, saudara sekandung

b. Suami, ayah, ibu dan anak laki-laki yang ditinggal mati

c. Istri, ayah, anak laki-laki dan anak perempuan

d. Suami, ayah, ibu dan anak laki-laki serta saudara sekandung

e. Suami, ayah, ibu,anak laki-laki dan paman dari Ayah

فَإِن كَانَ لَهُ إِخْوَةٌ فَلأُمِّهِ السُّدُسُ مِن بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصِي بِهَا أَوْ دَيْنٍ

23. Arti dari potongan ayat al qur'an berikut ini adalah:

a. Jika simayit mempunyai anak saudara-saudara, maka bagi bapaknya mendapat bagian seperdua dari harta peninggalanya.

b. Jika simayit mempunyai anak saudara-saudara, maka bagi kakeknya mendapat bagian sepertiga dari harta peninggalanya.

c. Jika simayit mempunyai saudara-saudara, maka bagi ibunya mendapat bagian seperenam dari harta peninggalanya.

d. Jika simayit mempunyai saudara-saudara, maka bagi cucunya mendapat bagian seperempat dari harta peninggalanya.

e. Jika simayit mempunyai anak saudara-saudara, maka bagi suaminya mendapat bagian seperdelapan dari harta peninggalanya.

24. Harta Rp, 60 juta adalah peninggalan seseorang yang meninggal, ahli waris yang ditlnggalkan ialah seorang suami, seorang anak laki-laki dan bapak, maka bagian yang diterima suami adalah.....

a. Rp 10 juta

b. Rp. 15 juta

c. Rp 7,5 juta

d. Rp. 20 juta

e. Rp. 10,5 juta

25. Apabila ada seseorang mati yang meninggalkan harta pusaka senilai Rp. 24.000.000-, sedangkan ia memiliki ahli waris seorang anak laki-laki, seorang 2 anak perempuan, istri dan ayah, berapa bagian anak laki-laki?

a. 3.000.000,-

b. 4.500.000,-

c. 8.500.000,-

d. 2.500.000,-

e. 4.000.000,-

26. Harta Rp, 60 juta adalah peninggalan seseorang yang meninggal, ahli waris yang ditinggalkan ialah seorang suami, seorang anak perempuan dan bapak, maka bagian yang diterima bapak adalah.....

a. Rp 10 juta

b. Rp. 15 juta

c. Rp 7,5 juta

d. Rp. 20 juta

e. Rp 10.5 juta

27. Dalam ilmu faraid, apabila berkumpul beberapa ahli waris zu fardin yang masing-masing mendapat priroritas, sehingga bagian masing-masing menjadi berkurang tetapi asal masalahnya menjadi besar, disebut;

a. al-aul,

b. Ar-Radd,

c. AI-Afu,

d. AI-Maklum,

e. al-Ghoir

28. Target yang hendak dicapai oleh ilmu ushul fiqh adalah tercapainya kemampuan seseorang untuk

a. mengetahui hukum syara dan yang bersifat furu’ dan kemampuan dalam metode istinbat hukum

b. membuat kaidah-kaidah fiqh sebagai landasan istinbat hukum

c. membuat hukum-hukum baru yang belum ada ketetapan hukumnya

d. mengetahui perkembangan ushul fiqh

e. mengetahui alas an ulama madzhab dalam menetapkan hukum.

29. Yang tidak termasuk rukun qiyas adalah

a. dasar qiyas

b. 'illat

c. ashal

d. hukum ashal

e. far'u

30. Yang dimaksud illat adalah ...

a. suatu sifat yang menjadi penyebab adanya hukum dasar pada ashl

b. sifat yang terdapat pada ashal

c. sifat yang tidak terdapat pada ashal

d. sesutu yang menjadi ketentuan hukum

e. beberapa ketentuan hukum yang terdapat pada ashal

31. Seorang mujtahid harus mengetahui masalah-masalah ijma', agar ....

a. mudah melakukan ijtihad

b. dapat membatalkan ijma'

c. tidak timbul pendapat yang bertentangan dengan ijma'

d. tidak menghasilkan pendapat yang sama dengan hasil ijma'

e. c dan d benar

فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِن فَضْلِ اللَّهِ

32. Ayat adalah contoh amr yang menunjukkan....

a. perintah wajib

b. kebolehan

c. perintah sunnah

d. ancaman

e. permohonan

33. Contoh dari kasus dimana mutlak harus diikutkan kepada muqoyyad adalah ....

a. lafal darah yang diharamkan dalam Al-Qur'an

b. lafal babi yang diharamkan dalam Al-Qur'an

c. lafal tangan dalam ayat tayammum dan wudu

d. lafal budak dalam kifarat, sumpah dan pembunuhan tersalah

e. lafal puasa dalam ayat kifarat haji dan kifarat sumpah

34. Mengusap tangan dalam ayat tayammum merupakan lafal ....

a. mutlaq

b. mujmal

c. muqayyad

d. mubayyan

e. musytarak

لاَيَمْنَعُ أَحَدُكُمْ جَارَهُ أَنْيَضَعَ خَشْيَةً فِي جِدَارِهِ

35. Lafal mujmal pada lafadz hadits tersebut adalah ....

A. tetangga

B. kayu

C. kata ganti 'nya' pada kata tetangganya

D. kata ganti 'nya' pada kata dindingnya

E. meletakkan

36. Contoh lafal muradif adalah ....

a. الأسد dan الليث

b. الأسد dan القمح

c. الأسد dan الحنطة

d. الحضdan القروء

e. الطهر dan الحيض

فَصِيَامُ ثَلاَثَةَ اَيَّامِ فِى الْحَجِّ وَسَبْعَةٌ اِذَ رَجَعْتُمْ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ

37. Kalimat تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ adalah kalimat ……. dari kalimat sebelumnya

a. mujmal

b. muthlaq

c. bayyan

d. muqayyad

e. ijmal

38. Nasakh menurut syara' adalah penghapusan syar'i ....

a. oleh nabi

b. oleh para ulama

c. dengan Al-Qur'an

d. dengan dalil syar'i yang datang kemudian

e. dengan ijma'

39. Berikut ini adalah pernyataan yang benar ....

a. nasakh hanya terjadi dalam dalil- dalil Al-Qur'an

b. suatu ijma' dapat pula dinasakh oleh Al-Qur'an

c. nasakh terjadi bila ada dua hukum yang berlawanan

d. dalil yang diyatakan menasakh suatu dalil yang lain harus datang kemudian

e. semua benar

40. Di antara hujjah Jumhur dalam menetapkan nasakh ....

a. fakta bahwa nasakh terjadi dalam Al-Qur'an

b. kemaslahatan manusia dapat berubah dengan perubahan waktu

c. nasakh itu mesti meringankan manusia

d. nasakh hanya terjadi dalam perkara hukum

e. a dan b benar

41. Bila ada lafal mujmal sedang tidak ada keterangan dari syara' maka hukumnya ....

A. tawakkuf

B. diambil salah satu

C. ditarjih

D. dipakai semuanya

E. semuanya benar

...وَلاَ تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىَ يَطْهُرْنَ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللّهُ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ ﴿٢٢٢﴾

42. Pada ayat diatas lafadz يَطْهُرْنَ menunjukan lafadz yang bersifat ...

a. Mubayan

b. Muridif

c. Muqoyyad

d. Dhohir

e. Ta’wil

الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى ﴿٥﴾

43. Ayat diatas termasuk ayat yang mutasyabihat, kata الْعَرْشِ اسْتَوَى berarti bersemayam diatas arsy. menurut ulama salaf diartikan sebagai..

a. Kekuasaan

b. Tempat yang tinggi

c. Antah berantah

d. Hanya Allah yang tahu

e. Air

44. Berikut yang bukan termasuk macam-macam nasakh adalah...

a. Al-Hadits dengan Al-Qur’an

b. Al-Qur’an dengan Al-Hadits

c. Al-Hadits dengan Al-Hadits

d. Al-Hadits dengan Ijma

e. Ijma dengan Ijma

اَلشَّيْخُ وَالشَّيْخَةُ إِذَا زَنَيَا فَارْجَمُوهُمَا البَتَّةَ

45. Ayat diatas adalah ayat yang sudah di Nasakh yang termasuk dalam jenis..

a. Dinasakh hukumnya bacaannya tetap

b. Dinasakh hukum dan bacaannya

c. Dinasakh bacaanya hukumnya tetap

d. Dinasakh bacaan dengan hadits

e. Benar semua

كُتِبَ عليكم إذا حضر أحدكم الموتُ إن ترك خيرًا الوصيةُ للوالدينِ والأقربينَ بالمعروفِ حقًا على المتقينَ

46. Ayat diatas adalah salah satu contoh nasakh, dengan …

a. Al-Hadits dengan Al-Qur’an

b. Al-Qur’an dengan Al-Hadits

c. Al-Hadits dengan Al-Hadits

d. Al-Hadits dengan Al-Qur’an

e. Al-Hadits dengan Ijma

47. Berikut ini adalah bukan termasuk nama lain ahlu dzimmah ….

a. العهد

b. الامن

c. الحرب

d. اهل عهد

e. اهل الذمة

48. Kewajiban Ahlu dzimmah terhadap daulah Islam adalah ...

  1. Menjalankan syariat Islam
  2. membayar zakat
  3. membayar dam
  4. membela Negara
  5. memeluk islam

تَقْوِيَةُ اِحْدَى اْلاِمَارَتَيْنِ عَلَى اْلاُخْرَى لِيُعْمَلَ بِهَا

49. Adalah pengertian dari …

  1. taqlid D. taufiq
  2. tarjih E. tabi’
  3. ijtihad

50. Yang bukan termasuk, jihad terhadap diri sendiri adalah ...

  1. mencari ilmu
  2. mengamalkan ilmu
  3. mencari nafkah
  4. amar ma’ruf nahi munkar
  5. menahan hawa nafsu


Hargailah Waktu Sebaik-baiknya!

0 komentar: